Biji Kapuk Meningkatkan Produksi Susu

Tahukah Anda? Ternyata makanan yang dikonsumsi oleh kambing etawa akan berdampak pada susu yang nantinya dihasilkan. Apabila kambing etawa tersebut mendapatkan makanan yang sehat serta dapat memenuhi kebutuhan gizi sang kambing, maka susu yang dihasilkan kambing etawa pun akan lebih berkualitas.susu kambing

Salah satu bahan makanan yang dapat meningkatkan produksi susu kambing etawa ialah biji kapuk. Selain memiliki manfaat yang dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kapuk, ternyata biji kapuk juga memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi susu kambing etawa serta mampu membuat susu kambing etawa menjadi lebih berkualitas.

Setiap 2/3 bagian berat satu buah kapuk yang merupakan biji, ternyata mampu menghasilkan minyak sebanyak 22 hingga 25 %. Minyak ini hampir tidak memiliki rasa namun memiliki warna yang kekuning-kuningan. Sedangkan sisanya yaitu berupa bungkil biji kapuk yang dapat dijadikan sebagai makanan untuk hewan ternak, salah satunya kambing etawa.

Bungkil biji kapuk ini terdiri dari beberapa unsur, diantaranya ialah memiliki kandungan air sebanyak 13 %, kandungan serat kasar sebanyak 20 %, dan kandungan protein sebanyak 29 %. Selain itu, bungkil biji kapuk juga mengandung lemak sebanyak 6 %, kandungan karbohidrat sebanyak 20 %, serta kandungan abu sebanyak 6 %.

Dengan berbagai macam kandungan yang terdapat dalam bungkil biji kapuk ini, kambing etawa akan mampu mengeluarkan susu dalam jumlah yang lebih banyak, jika dibandingkan dengan kambing yang tidak mengonsumsi bungkil biji kapuk ini. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi para peternak kambing etawa.

Namun meskipun demikian, bungkil biji kapuk termasuk salah satu bahan makanan ternak yang kurang diminati oleh hewan ternak ruminansia, salah satunya ialah kambing etawa. Oleh karena itu, pemberian bungkil biji kapuk untuk kambing etawa sebaiknya jangan dilakukan terlalu sering. Bungkil biji kapuk ini dapat diberikan sebagai kombinasi yang dicampurkan dengan bahan makanan lain.

Bungkil biji kapuk bisa dicampurkan dengan bahan makanan yang lainnya karena bahan makan ternak yang satu ini hampir tidak mempunyai rasa, tidak berbau, serta memiliki bentuk yang sedikit keras apabila dibandingkan dengan bungkil kelapa, dedak, ataupun bungkil kedelai.

Dengan memberikan pakan yang tepat untuk kambing etawa, diharapkan kambing etawa bisa menghasilkan susu yang lebih banyak, lebih sehat, serta memiliki kualitas yang terbaik. Sehingga khasiat yang dihasilkan pun dapat terjaga. Akhirnya susu kambing etawa dapat dikonsumsi dan dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan masyarakat.

Demikian ulasan singkat mengenai cara menambah produksi susu kambing etawa dengan bungkil biji kapuk. Semoga informasi ini dapat dapat dijadiakn sebagai sumber informasi serta bermanfaat bagi para peternak kambing etawa. kambing yang sehat juga akan menghasilkan susu yang sehat.

Tinggalkan komentar